Cegah Virus Corona, Bandara Haluoleo Dipasangi Alat Pendeteksi Suhu Tubuh

  • Whatsapp
Seorang petugas kesehatan bandara menunjukan kerja Thermoscanner di Bandara Haluoleo. Foto: Wartalensa.com

WartaLensa.com, Kendari – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kelas II Kendari memasangi alat pendeteksi suhu tubuh atau thermoscanner. Pemasangan alat itu bertujuan untuk mencegah masuknya virus corona ke wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari, Adha F Ondu, menjelaskan, setiap penumpang yang tiba, baik penumpang dari dalam maupun luar negeri secara otomatis akan termonitor kondisi suhu tubuhnya oleh alat tersebut.

Bacaan Lainnya

Kata Adha, pemasangan alat thermoscanner sebenarnya sudah dilakukan sejak November 2019 lalu, atau tepatnya saat pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) di Sultra.

Namun, karena mulai merebaknya isu virus corona dari China, pihaknya lebih memperketat pengawasannya. Apalagi, Sultra merupakan salah satu provinsi yang paling banyak dikunjungi WNA China, khususnya pekerja tambang.

Selain sebagai tempat tujuan, Bandara Haluoleo Kendari juga menjadi tempat transit tenaga kerja asing asal China yang akan menuju Morowali, Sulawesi Tengah.

“Walaupun di Indonesia belum ditemukan kasus virus corona, kita harus tetap siaga, dan memperketatat pengawasannya di wilayah Sultra,” kata Adha, Jumat (24/1).

Adha mengatakan, alat tersebut dipasang didua tempat, yaitu di pintu kedatangan dan keberangkatan. Pengawasan juga semakin diperkatat lagi, sebab, banyak WNA China yang mudik di momen perayaan Imlek.

Sementara itu, Kepala Wilayah Kerja KKP Bandara Haluoleo, Rahmawaty, mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan khusus untuk WNA China, mengingat virus tersebut berasal dari Wuhan, China.

“Untuk WNA China kami lebih ketat lagi. Kami minta mereka melewati kamera pendeteksi suhu. Jika suhu badannya diatas 38 derajat celsius, kami lakukan pemeriksaan lanjutan yang dilakukan petugas KKP Bandara Haluoleo. Karena salah satu indikasinya terinfeksi virus tersebut yakni suhu badannya diatas 38 derajat,” katanya.

“Selain di Bandara Haluoleo, kami juga melakukan pengawasan terhadap kapal – kapal perusahaan tambang asal China yang beroperasi di Sultra,” imbuh Adha.(waa)

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on “Cegah Virus Corona, Bandara Haluoleo Dipasangi …” A few seconds ago

Pos terkait