Dinkes Sultra: Virus Corona Belum Ada di Indonesia, Tapi Tetap Waspada

  • Whatsapp
Ilustrasi. (INT)

WartaLensa.com, Kendari – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mewaspadai penularan Novel Corona Virus 2019 (2019-nCoV) atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr. Hj. Andi Hasna, Sp.An, mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi.

Bacaan Lainnya

“Kami telah menyiapkan langkah untuk mencegah penularan corona virus. Pertama kami sudah melakukan kesiapsiagaan dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Bandara dengan melakukan thermal scanner kepada setiap pelaku perjalanan TKA asal China,” jelas Andi Hasna dalam keterangannya, Sabtu (25/1).

Selain itu, kata Andi Hasna, pihaknya telah memperkuat sistem surveilance kewaspadaan dini respon kepada seluruh kabupaten/kota terkait dengan potensial wabah.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan yang ditunjuk, yaitu RS Bahteramas untuk mempersiapkan segala sumber daya RS bila ada pasien yang terpapar,” katanya.

Andi Hasna juga mengimbau kepada masyarakat agar tak panik dengan virus tersebut, namun warga Sultra diimbau tetap waspada.

“Waspada dan jangan panik, cari informasi terkait virus corona, karena saat ini belum ada di Indonesia dan Sultra,” ujarnya.

Meski belum ditemukan di Sultra, Dinkes memberikan tips agar masyarakat lebih peka terhadap pencegahan penularan virus corona.

“Pertama hindari kontak dengan penderita sakit berat. Kemudian gunakan masker bila berada dikeramaian atau fasilitas umum,” pungkasnya.(waa)

Infografis Pneumonia Coronavirus Wuhan. (IST)
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on “Dinkes Sultra: Virus Corona Belum Ada di Indone…” A few seconds ago

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.