1 Pasien RS Bahteramas Suspect Corona, Ini Penjelasan Mengapa Disebut ‘Suspect’

  • Whatsapp
Direktur RS Bahteramas Kendari, dr Sjarif Subijakto. Foto: Wartalensa.com

WartaLensa.com, Kendari – Kabar seorang pasien tengah diisolasi di RS Bahteramas Kendari karena suspect virus corona, sudah beredar di tengah masyarakat.

Lantas apa arti sebenarnya pasien itu disebut ‘suspect corona’. Apakah pasien yang disebut suspect corona dinyatakan terjangkit virus corona ?. Berikut penjelasan Direktur RS Bahteramas, dr Sjarif Subijakto.

Bacaan Lainnya

Sjarif menjelaskan, suspect corona berarti mencurigai atau patut dicurigai seseorang terkena virus corona karena ada beberapa kriteria atau gejala yang dialami pasien tersebut.

Setidaknya ada dua kriteria, pertama adalah pasien menderita batuk, pilek, sesak nafas, demam tinggi diatas 38 drajatcelsius. Kemudian kriteria kedua adalah pasien dari berpergian ke daerah yang beberapa warganya positif corona, seperti China, Korea atau negara terjangkit lain.

“Jadi, suspect itu curiga. Ada beberapa kriteria sehingga disebut suspect, yaitu tadi, pasien mengalami batuk, pilek, sesak napas, demam tinggi, dan berpergian ke negara seperti China, Korea dan lainnya. Dan pasien yang kami isolasi itu kriterianya masuk,” jelasnya, Senin (3/2).

Sjarif mengatakan, pasien yang disebut suspect corona bukan berarti dia telah terjangkit virus yang berasal dari Kota Wuhan, China itu.

“Jadi, suspect itu jawabanya bisa iya bisa tidak. Jadi belum tentu dia dikatakan suspect lantas dia dibilang terjangkit, tidak begitu, jadi belum tentu. Kecuali sudah dinyatakan positif (corona), nah itu baru,” katanya.

Saat ini, lanjut Sjarif, pasien yang dinyatakan suspect corona di Sultra sudah di diisolasi di RS Bahteramas. Pasien tersebut akan menjalani masa inkubasi selama 14 hari dengan pengawasan ketat tim dokter rumah sakit.

Sjarif mengimbau warga tak panik. Dan berharap hasil uji lab nantinya menunjukan bahwa pasien tersebut negatif virus corona.(waa).

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on “1 Pasien RS Bahteramas Suspect Corona, Ini Penj…” A few seconds ago

Pos terkait