Waspada Virus Corona di Sultra, Ini Informasi Penting yang Perlu Diperhatikan

  • Whatsapp
Infografis Pneumonia Coronavirus Wuhan. (IST)

LenteraSultra.com, Kendari – Isu penyebaran Novel Corona Virus 2019 (2019-nCoV) atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona makin santer terdengar.

Meski belum ada laporan virus tersebut masuk ke Indonesia, warga khususnya Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap harus waspada. Sebab, Sultra salah satu provinsi yang banyak dikunjungi warga negara asing (WNA) asal China, dimana diketahui, virus tersebut berasal dari negara itu.

Bacaan Lainnya

Untuk meningkatkan kewaspadaan, berikut informasi penting dari RS Bahteramas Kendari yang perlu diperhatikan masyarakat.

Pertama, sampai saat ini belum ditemukan kasus, atau yang dicurigai mengarah sebagai pneumonia corona virus Wuhan di Sultra.

“Kedua, hingga saat ini juga belum ada yang menunjukkan adanya transmisi dari manusia ke manusia (WHO), tetapi dianjurkan tetap dengan kewaspadaan yang tinggi,” jelas Direktur RS Bahteramas, dr Sjarif Subijakto, dalam keteranganya, Jumat (24/1).

Kemudian ketiga, warga perlu menhindari kontak dengan penderita yang dicurigai, utamanya mereka yang telah berkunjung atau berasal dari daerah terjangkit, terutama setelah 31 Desember 2019.

Infografis Pneumonia Coronavirus Wuhan. (IST)

Selanjutnya, kata Sjarif, instansi berwenang terkait di Sultra telah mengambil langkah – langkah antisipasi untuk pencegahan dan mendeteksi penyebaran virus corona.

“Instansi terkait yang terlibat adalah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinkes Provinsi/Kabupaten dan kota, RS Bahteramas, Labkesda sesuai Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit
(P2P) Kemenkes RI tertanggal 5 Januari 2020,” pungkasnya.

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on “Waspada Virus Corona di Sultra, Ini Informasi P…” A few seconds ago

Pos terkait