WNA China Dirawat di RS Bahteramas Karena Virus Corona, Dinkes: Hoaks

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, dr. Hj. Andi Hasna, Sp.An. Foto: wartalensa.com

WartaLensa.com, Kendari – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan bahwa isu yang menyebut bahwa seorang warga negara asing (WNA) asal China terjangkit virus corona, dan di rawat di RS Bahteramas Kendari adalah berita bohong alias hoaks.

“Itu kabar bisa dipastikan hoaks. Tidak benar, Sultra masih steril dari virus corona,” katanya, Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Andi Hasnah, Senin (27/1).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya diketahui, media sosial Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (27/1) digegerakan dengan beredarnya isu WNA asal China yang berkerja di kawasan industri Morosi, Kabupaten Konawe, terjangkit virus corona.

Isu itu beradar melalui pesan berantai whatsapp maupun di share melalui facebook. Menurut kabar tersebut, saat ini WNA China yang suspect virus corona itu sedang di rawat di RS Bahteramas Kendari.

Dalam pesan berantai itu, para pekerja juga diminta untuk menggunakan masker saat berada di kawasan industri Morosi karena telah  terjadi penularan virus corona.

Meski kabar itu bohong, Andi Hasna mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus yang berasal dari Kota Wuhan, China.

“Utamanya warga agar menghindari kontak langsung dengan orang – orang yang telah berkunjung dari daerah terjangkit, khususnya dari China dan negara – negara suspect corona,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RS Bahteramas Kendari, dr Sjarif Subijkato juga membantah kabar tersebut. Dia juga menyebut isu tersebut adalah berita bohong. Dia berharap agar masyarakat tak menelan mentah mentah informasi yang beredar, tanpa mencari tahu kebenarannya.

“Itu  hoaks. RS Bahteramas sampai saat ini tidak merawat pasien suspect corona,” katanya.

Sjarif mengatakan pihak RS Bahteramas saat ini memang telah menyiapkan sebuah ruangan isolasi lengkap dengan fasilitas terbaiknya untuk mengantisipasi jika kasus virus corona ditemukan di Sultra.

“Karena sebagai rumah sakit rujukan dalam mewaspadai virus corona di Sultra, kami sudah siap siaga dengan menyiapkan ruang isolasi, hingga peralatan dan tenaga medis untuk menangani jika ada kasus suspect virus corona,” pungkasnya. (waa).

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on “WNA China Dirawat di RS Bahteramas Karena Virus…” A few seconds ago

Pos terkait