BKSDA Sultra Amankan 61 Batang Kayu Bayam Ilegal

  • Whatsapp
Puluhan batang kayu bayam yang telah di olah. Kayu tersebut diduga berasal dari Kawasan Margasatwa Tanjung Peropa. Foto: Istimewa

WartaLensa.com, Kendari – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil mengamankan 61 batang kayu bayam hasil ilegal logging.

Puluhan batang kayu bayam yang telah diolah itu diduga berasal dari kawasan Suaka Margastawa Tanjung Peropa yang telah diangkut ke Desa Awunio, Kecamatan Kolono, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, La Ode Kaida, menjelaskan, penemuan puluhan batang kayu ilegal itu berawal dari laporan masyarakat pada 24 Januari 2020 lalu.

Setelah mendapat informasi, BKSD Sultra membentuk tim gabungan operasi pengamanan hutan bersama Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC) Balai Gakkum LHK Kendari.

“Saat tiba di TKP, kayu olahan bayam itu sempat sengaja dihilangkan, namun berkat keahlian tim yang beranggotan 13 orang, alhamdulillah barang temuan itu di dapat disemak semak. Dari 89 batang, tinggal 61 batang yang diamankan, dan langusung dibawa ke kantor Balai KSDA Sultra,” jelas La Ode Kaida, Selasa (27/1).

La Ode Kaida menjelaskan, saat ini, kasus temuan kayu ilegal tersebut sudah ditangani oleh penyidik balai penegakan hukum (Gakkum) LHK wilayah Sulawesi.

“Kasus ini kami telah serahkan ke penyidik balai Gakkum LHK wilayah Sulawesi untuk dilakukan pengumpulan data dan informasi dari saksi. Dan sampai sekarang, sudah 2 saksi dimintai keterangan,” pungkasnya.(waa).

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on "BKSDA Sultra Amankan 61 Batang Kayu Bayam Ilegal" A few seconds ago

Pos terkait